Bimbingan Konseling Pendidikan Islam

Visi

Melahirkan tenaga Konseling yang berdaya saing Internasional dalam bidang pengkajian dan pengembangan Teknologi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam di tahun 2045

MISI PROGRAM STUDI

  1. Menyelenggarakan pembelajaran yang inovatif dan kreatif guna menghasilkan sumber daya manusia profesional di bidang pelayanan konseling, dengan karakter
  2. Melaksanakan penelitian berbasis Teknologi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam.
  3. Melaksanakan pengabdian masyarakat dalam bidang bimbingan dan konseling pendidikan Islam yang tepat guna.
  4. Meningkatkan kerjasama dengan lembaga dan istansi dalam rangka pengembangan mutu Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam.
  5. Mewujudkan lulusan profesional yang berdaya saing Internasional dalam bidang Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam.

Profil Lulusan dan Deskripsi

Profil lulusan prodi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam S1 ditentukan melalui mekanisme penggabungan visi akdemik yg dilakukan dengan penggabungan visi akademik yang dilakukan dengan analisis SWOT (strengths, weakness, oportunities, dan threats) dan analsis kebutuhan pasar melalui masukan dari asosiasi profesi, pihak stakeholder dan masyarakat (wali mahasiswa). Sehingga lulusan prodi Bimbingan dan Konseling Penidikan Islam S1 diharapkan akan menjadi:

PROFIL LULUSAN PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING PENDIDIKAN ISLAM (BKPI) FAKULTAS AGAMA ISLAM UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MAKASSAR

Capaian Pembelajaran Prodi Bimbingan dan Konseling Pendidikan Islam

Aspek

Capaian Pembelajaran

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sikap dan Tata Nilai

S1

Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius;

S2

Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika;

S3

Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan peradaban berdasarkan Pancasila;

S4

Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;

S5

Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain

S6

Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan

S7

Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara

S8

Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik

S9

Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri

S10

Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengetahuan

P1

Mengidentifikasi dan menganalisis landasan konseptual filosofis dan pedagogis bimbingan dan konseling untuk memahami teori dan praktik pelayanan bimbingan dan konseling;

P2

Mengidentifikasi dan menganalisis landasan konseptual psikologis, sosiologis bimbingan dan konseling untuk memahami teori dan praktik pelayanan bimbingan dan konseling;

 

P3

Menguasai kerangka teori dan praktik konseling untuk menyusun, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengembangkan layanan konseling yang efektif

P4

Menguasai kerangka teori dan praktik bimbingan untuk menyusun, melaksanakan, mengevaluasi, dan mengembangkan layanan bimbingan kelompok dan kelas yang efektif

P5

Menguasai kerangka teori dan praktik layanan bimbingan dan konseling dalam setting individual dan kelompok melalui pendekatan islami (Al Quran dan Hadits)

P6

Menguasai kerangka teori dan praktik riset bidang bimbingan dan konseling dalam ragam setting. 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterampilan Umum

KU1

Mampu melakukan kegiatan asesmen secara individual dan kelompok dengan teknik tes dan nontes secara efektif untuk menghasilkan rancangan program bimbingan dan konseling komprehensif yang relevan dengan kebutuhan peserta didik dan lingkungan

KU2

Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur

KU3

Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan, teknologi atau seni sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

KU4

Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi

KU5

Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;

KU6

Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya

KU7

Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya

KU8

Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Keterampilan Khusus

KK1

Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada dibawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri

KK2

Mampu membuat perencanaan, membuat desain, melaksanakan dan melakuan evaluasi program bimbingan dan konseling serta melakukan tindak lanjut berdasarkan hasil asesmen, evaluasi dan hasil penelitian yang relevan, serta mengkomunikasikannya kepada pihak-pihak terkait

KK3

Mampu mendesain, mengembangkan, dan mengaplikasikan rancangan penelitian dan pelayanan bimbingan dan konseling dalam berbagai setting berdasarkan berbagai macam pendekatan, teori, dan teknik yang relevan serta menyusun dalam laporan ilmiah

KK4

Mampu mendesain, mengembangkan, dan mengaplikasikan rancangan pelayanan bimbingan berdasarkan pendekatan-pendekatan, model-model, pola-pola, dan teknik-teknik bimbingan yang relevan berbasis dinamika kelompok dan experiential learning pada setting kelas dan luar kelas dengan berfokus pada karakteristik kebutuhan peserta layanan sehingga peserta dapat mencapai kompetensi kemandirian dalam perkembangannya

KK5

Mampu mendesain, mengembangkan, dan mengaplikasikan rancangan pelayanan pendukung program BK dengan berfokus pada karakteristik kebutuhan dan masalah peserta layanan

KK6

Mampu mengembangkan kemahiran mengembangkan jaringan kerja dalam riset bimbingan dan konseling dengan pembimbing, kolega, sejawat dengan metode latihan terstruktur baik di dalam maupun yang digunakan dalam perencanaan di luar lembaganya dan pengembangan program bimbingan dan konseling

KK7

Mampu memanfaatkan penemuan pencapaian hasil kerja kelompok, penemuan baru ilmu pengetahuan, melakukan supervisi teknologi dan seni dalam bidang evaluasi terhadap penyelesaian pendidikan, psikologi, sosiologi, dan pekerjaan yang ditugaskan bimbingan dan konseling secara kreatif dan kritis kepada pekerja yang berada di bawah tanggungjawabnya sebagai dasar penyelenggaraan dan pengembangan program bimbingan dan konseling secara menyeluruh

KK8

Mampu menerapkan perspektif evaluasi diri terhadap kelompok multikultural dalam pelayanan kerja yang berada dibawah bimbingan dan konseling dengan tanggung jawabnya, dan mampu mempertimbangkan karakteristik mengelola pembelajaran secara budaya peserta layanan sebagai upaya mandiri dan aktif untuk mendorong terjadinya pendidikan transformative

KK9

Mampu mengadministrasikan berbagai informasi dan kegiatan dalam layanan Bimbingan dan Konseling secara ilmiah (Sistematis, obyektif dan logis).

Pembelajaran Online

Journall J-BKpi